UJI AKTIVITAS SENYAWA AKTIF ALGA COKLAT (Sargassum fillipendulla) SEBAGAI ANTIOKSIDAN PADA MINYAK IKAN LEMURU (Sardinella longiceps)

Authors

  • K Khusnul Khotimah Teknologi Hasil Perikanan
  • D D Darius Teknologi Hasil Perikanan
  • Bambang Budi Sasmito Teknologi Hasil Perikanan

Abstract

Minyak ikan lemuru merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun, karena ikatan rangkap yang dimilikinya menyebabkan minyak ikan lemuru mudah teroksidasi baik karena cahaya maupun suhu. Adanya kandungan senyawa aktif pada alga coklat Sargassum fillipendula diduga mampu berperan sebagai antioksidan atau suatu agent yang mampu melawan radikal bebas yang bersifat merugikan. Pada penelitian ini dilakukan uji kuantitatif dan kualitatif pada ekstrak Sargassum fillipendula untuk mengetahui jenis senyawa aktif yang diduga memiliki sifat sebagai antioksidan dan mekanismenya dalam mencegah kerusakan minyak ikan. Selain itu dilakukan juga uji kualitatif terhadap minyak ikan lemuru Sardinella longiceps yang telah ditambah dengan ekstrak alga coklat Sargassum fillipendula dengan

Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial (RAL Faktorial) dengan perlakuan pertama yaitu masa simpan 1 hari, 5 hari dan 10 hari serta perlakuan kedua dengan konsentrasi 0%, 0.1%, 0,2% dan 0,3%. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA) yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perlakuan terbaik terdapat pada konsentrasi penambahan ekstrak Sargasuum fillipendula sebesar 0.2% dengan rincian angka iod sebesar 3.42%, bilangan peroksida sebesar 6.19 meq/kg dan nilai TBA sebesar 5.14 mg malonaldehid/kg minyak. Sedangkan untuk hasil analisis senyawa aktif alga coklat Sargassum fillipendula merupakan jenis karotenoid yang merupakan golongan fenol dan benzenedicarboxyl acid.

Kata kunci: Sargassum fillipendula, senyawa aktif, antioksidan, minyak ikan lemuru, Sardinella longiceps

Downloads

Published

2013-05-15