PENGARUH KONSENTRASI RESIDU DAGING EKSTRAKSI ALBUMIN IKAN GABUS (Ophiocephalus striatus) YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS SOSIS IKAN

Authors

  • T Trisnawati Yulindra Teknologi Hasil Perikanan
  • Titik Dwi Sulistiyati Teknologi Hasil Perikanan
  • H Eddy Suprayitno Teknologi Hasil Perikanan

Abstract

Ikan yang mengandung zat gizi yang lengkap salah satunya adalah protein dan albumin yang cukup tinggi ialah ikan gabus (Ophiocephalus striatus). Albumin merupakan protein plasma yang paling tinggi jumlahnya sekitar 60% dan memiliki berbagai fungsi yang sangat penting bagi kesehatan. Selama ini ikan gabus yang diekstrak akan menghasilakan filtrat dan residu. Pada penelitian ini, residu daging ekstraksi dimanfaatkan untuk diversifikasi produk sosis.Sosis yang berbahan utama residu daging ikan gabus mempunyai tujuan untuk meningkatkan nilai protein dan albumin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh residu daging ikan terhadap kualitas sosis ikan gabus, pengaruh penambahan residu daging ikan gabus terhadap kadar albumin sosis ikan dan mendapatkan penambahan residu daging ikan yang optimal yang menghasilkan sosis ikan gabus dengan kualitas terbaik. Perlakuan dari penelitian ini adalah konsentrasi residu daging ekstraksi yang berbeda. Parameter uji pada penelitian ini adalah kadar albumin, lemak, protein, air, abu, karbohidrat, garam dan organoleptik. Hasil penelitian diolah menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan 3 kali ulangan.

Hasil penelitian memberikan pengaruh yang beda nyata terhadap kadar albumin, kadar protein, kadar lemak dan kadar garam. Namun, memberikan pengaruh yang tidak beda nyata terhadap kadar air,abu dan kadar coklat. Dan memberikan pengaruh yang nyata terhadap nilai oraganoleptik sosis ikan gabus. Perlakuan terbaik konsentrasi residu daging terdapat pada perlakuan E dengan konsentrasi daging 375 g, dengan kadar albumin 3.2810%, kadar protein 7.5423%, kadar lemak 0.8068%, kadar air 42.0422%, kadar abu 1.6360%, kadar karbohidrat 47.6484%, nilai organoleptik aroma 4.8000%, warna 5.2111%, rasa 4.9000% dan tekstur 5.0778%.

 

Kata kunci : Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus), Konsentrasi residu daging ikan gabus, Albumin, Sosis

Downloads

Published

2013-06-20